Tujuan eTRAINING

Aplikasi e-Training ini dibangun oleh Pusat Pelatihan Pertanian dengan tujuan untuk mempermudah proses Diklat guna meningkatkan efektivitas dan efisiensi pengembangan diklat dengan memanfaatkan teknologi informasi dalam bentuk informasi Diklat dan pembelajaran berbasis elektronik.

Fungsi eTRAINING

Aplikasi e-Training berfungsi untuk:

  • Melakukan proses Identifikasi Kebutuhan Diklat secara elektronik sehingga lebih cepat, efisien dan akurat.
  • Pelaksanaan Pre Test dan Post Test secara elektronik
  • Peserta mendapatkan materi pelatihan melalui e-Materi
  • Evaluasi Pasca Diklat dan Bimbingan Lanjutan dapat dilakukan secara elektronik.

Penerima Manfaat

Penerima manfaat dari aplikasi e-TRAINING adalah:

  • Pengelola Diklat, yang meliputi: program Diklat, penyelenggara Diklat, dan Widyaiswara.
  • Peserta Diklat
  • Stakeholder Diklat Pertanian berbasis TI.

Sekilas eTRAINING

SEKILAS  e-TRAINING


Kehadiran dan kecepatan perkembangan teknologi informasi dewasa ini menyebabkan perubahan dramatis dalam segala aspek kehidupan. Keberadaannya membuka batas-batas wilayah menjadi satu kesatuan yang disebut Global Village atau Desa Dunia. Untuk itu diperlukan pemanfaatan teknologi informasi dalam pengembangan diklat pertanian agar lebih luas jangkauannya. Melalui pemanfaatan teknologi informasi diharapkan selain informasi Diklat lebih cepat sampai juga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, mengembangkan keterampilan teknologi informasi, memperluas akses dan mengurangi biaya Diklat. Selain itu juga, dapat meningkatkan pengembangan professional pengajarnya.

Sehubungan dengan hal tersebut, untuk menunjang sistem pelatihan pertanian yang berpedoman pada Permentan Nomor 49 Tahun 2011 dan Juklak Diklat yang telah tersusun serta sistem pelatihan berbasis Competency Based Training (CBT), maka yang e-Training sangat diperlukan dewasa ini.   

e-Training merupakan perangkat elektronik sebagai media pengelolaan pelatihan pertanian berbasis Competency Based Training (CBT). e-Training memuat informasi pelatihan pertanian mulai dari perencanaan, proses pelatihan, evaluasi pasca latihan dan bimbingan lanjutan.

Statistik Pengunjung

Go to top